E-Commerce merupakan salah satu keunggulan dari Internet.
Ada beberapa sebuatan E-Commerce yaitu
Internet Commerce, Ecom, atau
Immerce, yang pada dasarnya semua sebutan di atas mempunyai makna yang
sama. Istilah-istilah tersebut berarti membeli atau menjual secara elektronik,
dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan Internet. E-Commerce juga dapat
berarti pemasangan iklan, penjualan dan dukungan dan pelayanan yang terbaik
menggunakan sebuah web shop 24 jam sehari bagi seluruh pelanggannya.
- Menurut Bryan A. Garner dikutif oleh Abdul Halim Barakatullah dkk, (2005 : 12), mrnyayakan sebagai berikut :
“E-Commerce the practice of buying and selling goods and services trough online consumer services on the Internet. The e, ashortened from electronic, has become a popular prefix for other terms associated with electronic transaction”. Dapat dikatakan bahwa pengertian e-commerce yang dimaksud dimaksud adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa dengan menggunakan jasa komputer online di Internet
- Menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam perspektif berikut:
- Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
- Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
- Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan pengiriman.
- Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui Internet dan sarana online lainnya.
- Menurut Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan “bahwa ‘ecommerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-Commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.”
- Menurut Laudon & Laudon (1998), e-commerce adalah “suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis.”
- Menurut David Baum (1999) yaitu: “ecommerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.”
Dari beberapa pengertian tersebut, secara sederhana E-commere
dapat diartikan konsep penerapan E-bussines sebagai strategi jual-beli barang
dan jasa melalui jaringan elektronik dan biasanya melibatkan transaksi data
elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data
otomatis.
Hal ini disebabkan semakin pesatnya perkembangan teknologi
informasi baik dalam segi efisiensi serta keamanannya, sehingga memunculkan
ide-ide gagasan untuk menjadikan teknologi informasi itu sebagai media untuk
melakukan pemasaran, promosi, bahkan transakasi data yang dianggap bisa lebih
effisien dan mempermudah transaksi jual-beli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar