Diberdayakan oleh Blogger.

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI


Sistem informasi terdiri dari dua kata yaitu “Sistem” dan “Informasi”. Sistem yaitu sekumpulan objek yang bekerja bersama–sama untuk menghasilkan suatu kesatuan metode, prosedur, teknik yang digabungkan dan diatur sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan yang berfungsi untuk mencapai tujuan tertentu. Informasi yaitu data yang telah diolah, dibentuk, dimanipulasi menjadi sesuatu yang berarti dan bermanfaat bagi yang membutuhkan atau sesuai dengan keperluan pengguna informasi yang bersangkutan serta dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan.

Pengertian “Sistem” dan “Informasi” menurut beberapa ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Sistem menurut Fathansyah, merupakan suatu tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional yang saling berhubungan secara bersama–sama yang bertujuan untuk memenuhi suatu proses atau pekerjaan tertentu.
  2. Sistem menurut Jogiyanto H. M. Adalah suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan.
  3. Informasi menurut Gordon B. Davis yaitu data yang sudah diproses yang berguna untuk / bagi pengguna dan mempunyai nilai pikir yang nyata bagi pembuatan keputusan pada saat sedang berjalan atau prospek masa depan.
  4. Informasi menurut Mc. Fadden, dkk yaitu data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data ersebut.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa system informasi adalah  susunan yang sistematik dan teratur dari jaringan–jaringan aliran informasi yang saling berhubungan dalam prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam organisasi dengan maksud memberikan data kepada setiap orang yang memerlukan, baik data yang bersifat internal maupun data yang bersifat eksternal untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai suatu tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by REFERENSI